Senin, 01 Juli 2013

Umpan dengan essen membuat kegiatan mancing menjadi lebih berkesan




Pernahkah Anda melihat seseorang menggunakan umpan tertentu dan sering juara? Pernahkah Anda mencoba umpan yang neter digunakan oleh orang lain malah melempem ditangan Anda? Jawabannya mungkin pernah mungkin tidak, yang jelas kalau Anda menggunakan umpan yang sudah tersohor neter namun hasilnya tidak memuaskan ditangan Anda maka pastinya Anda tidak akan berani mengatakan umpan tersebut  umpan jelek, paling banter Anda akan mengatakan umpannya lagi gak jalan dan bukan tidak mungkin Anda akan memakai umpan tersebut berulang kali dalam kesempatan yang lain.

Kondisi ini biasanya akan berbanding terbalik jika Anda memberikan essen pada umpan yang digunakan. Anda pastinya akan langsung tidak percaya diri bilamana umpan tersebut tidak langsung memberikan hasil yang bagus, jangankan dalam 2 jam mungkin dalam 30 menit ketika umpan Anda tidak dimakan maka Anda akan berganti umpan dan langsung menyatakan essennya jelek walaupun Anda tahu banyak orang yang berhasil menggunakan essen yang juga sedang Anda gunakan.  

Mengapa dalam hal ini Anda tidak bisa sebijak menyikapinya seperti ketika menyikapi kegagalan Anda saat menggunakan umpan seperti telor sapu-sapu, telor patin, cacing, pingkis dan berbagai macam umpan lainnya yang yang katanya jitu? Jawabannya karena Anda terlalu berharap banyak atau bahkan mengharapkan suatu keajaiban dengan essen yang Anda gunakan, dan ketika pada kenyataannya hasilnya jauh diluar yang diharapkan maka rasa kecewa yang dirasakan menjadi berlipat-lipat.   

Agar anda lebih percaya diri dalam menggunakan umpan yang diberikan essen, berikut adalah beberapa tips yang sekiranya dapat membantu Anda.

A. PEMAHAMAN DASAR PENGGUNAAN ESSEN
https://shopee.co.id/arihan_store
Penggunaan essen(food essence) pada prinsipnya bertujuan untuk menambah cita rasa atau bahkan merubah rasa dan aroma dari umpan dasar yang digunakan. Sebagai contoh bilamana Anda menggunakan umpan dasar daging sapi dan menggunakan sedikit essen udang maka akan tercipta umpan daging yang berbaur dengan aroma udang. Semakin banyak dosis essen yang digunakan maka bukan saja aroma dagingnya saja yang berubah namun cita rasanyapun akan berubah menjadi daging berbaur udang atau bahkan berubah total menjadi udang.

Untuk mahir menggunakan umpan yang diberikan essen memang harus dibutuhkan jam terbang yang cukup. Ibarat koki yang baru belajar masak maka harus banyak gagalnya terlebih dahulu sebelum bisa menjadi koki yang handal. Anda wajib memahami dulu karakter dari umpan yang digunakan, dan Anda juga wajib mengerti dengan selera ikan diempang. Jika ikan lagi suka dengan aroma yang gurih maka gunakanlah essen yang beraroma gurih, jika ikan lagi doyang dengan umpang yang beraroma gurih masam maka berikan juga attractant(pemikat) yang beraroma masam misalnya cuka, minuman rasa buah dan demikian seterusnya.

Lalu sebenarnya apa sih fungsi utama dari penggunaan essen pada umpan?
Secara prinsip essen digunakan untuk meningkatkan kualitas dari umpan yang digunakan dengan tetap memperhatikan selera dari sang ikan. Contoh gampangnya bilamana ikan lagi doyan daging sapi giling maka sebaiknya gunakanlah umpan dasar tersebut dan berikan cita rasa yang berbeda dengan menambahkan sedikit essen dengan aroma lain atau dengan menambahkan essen oplosan dengan aroma dominan daging. Tapi bilamana pada saat itu Anda tidak sedang menggunakan umpan daging maka berikanlah essen yang beraroma daging dengan dosis yang agak banyak dengan tujuan untuk mengelabui ikan sehingga umpan Anda dikira ikan adalah daging yang sesungguhnya.        

B. TERGODA HASIL PANCINGAN TETANGGA
Godaan terbesar atas keberhasilan uji coba penggunaan essen biasanya bermula  dari hasil pancingan tetangga. Ketika tetangga Anda sudah berulang kali menarik ikan sementara hasil pancingan Anda masih nihil maka Anda harus tetap tenang, karena bilamana Anda panik maka aura akan menjadi negatif  dan hal ini malah akan lebih memperburuk keadaan.

Dalam kondisi apapun Anda harus tetap tenang dan fokus dalam menganalisa kesalahan yang mungkin dilakukan, baik dari sisi tehnis (seperti kedalaman stopper dan ikatan langsung) maupun dari sisi dosis dan pemilihan essen. Bisa jadi hasil pancingan yang tidak bagus karena selera ikan pada saat itu tidak sesuai dengan aroma essen yang sedang digunakan. Cobalah untuk mempertahankan resepnya dan gunakan sampai berulang kali seolah-olah Anda sedang menggunakan telor sapu-sapu atau umpan lainnya yang sudah tersohor kehandalannya. Dengan mempertahankan resep yang digunakan maka Anda akan semakin paham dengan karakter essen yang digunakan dan tentu saja memang dibutuhkan pengorbanan terlebih dahulu.

C. KEUNTUNGAN PENGGUNA ESSEN
Bilamana Anda telah memahami karakter essen yang digunakan maka Anda tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan umpan ketika sewaktu-waktu ingin mancing. Berikut adalah beberapa keuntungan pemancing yang biasa menggunakan essen:
  1. Tidak takut untuk mancing di kolam manapun, karena aroma umpan bisa disesuaikan dengan selera ikan di kolam.
  2. Tidak perlu repot menyiapkan umpan khusus karena umpan apapun bisa digunakan dan ditingkatkan kualitasnya.
  3. Biaya umpan bisa menjadi lebih irit, untuk lebih jelasnya klik pada link berikut http://sonnyboedihardjo.blogspot.com/2013/05/manajemen-biaya-umpan-galatama-lele.html
  4. Bilamana Anda telah menemukan komposisi yang pas untuk umpan neter maka tidak mudah bagi orang lain untuk menirunya dan hal ini berarti Anda memiliki peluang yang sangat besar untuk ngamplop dan ngamplop lagi di empang yang sama.
  5. Anda tidak perlu berpindah-pindah empang karena umpan andalan sudah tidak jalan lagi, cukup dengan memberikan essen yang aromanya bisa disesuaikan dengan selera ikan.   

“Sebagai pemancing sejati berpindah dari satu empang ke empang yang lainnya hanya bertujuan untuk menaklukkan empang dalam rangka kesenangan semata. Tidak ada gunanya memburu amplop dengan berpindah dari empang yang satu ke empang yang lainnya dikarenakan umpan andalan sudah tidak jalan lagi, karena sejatinya mancing adalah untuk mencari kesenangan semata dan bukan bertujuan untuk mencari uang.”

Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua…


Salam Strike…!!!

Mau mendapatkan harga yang lebih spesial dan pembayarannya bisa "COD"?


Ada BERBAGAI MACAM DISKON  bilamana Anda bertransaksi melalui Toko Online kami di Shopee:

atau bisa langsung klik gambar berikut:



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar