Rabu, 23 September 2015

Umpan ikan mas pelampungan yang jitu

Sudah sekitar 20 tahun saya mancing ikan mas baik lomba maupun harian dan rasanya saya belum pernah mengenal seorang pemancing yang umpannya benar-benar jitu. Memang ada beberapa pemancing yang sering menjadi juara dan atau sering mendapatkan perolehan ikan yang banyak, namun demikian ketika umpannya digunakan oleh orang lain sering sekali hasilnya jauh dari yang diharapkan. Kenapa bisa demikian? Jangan heran karena hasil pancingan bukan hanya bergantung pada umpan semata melainkan masih dipengaruhi oleh faktor tehnik dan aura tubuh. Semua saling terkait, umpan bagus, aura bagus tehnik kurang hasil pancingan bisa jadi kurang maksimal pun demikian pula halnya bila tehnik sudah mumpuni, umpan sudah luar biasa bilamana aura tubuh lagi jelek hasil pancingan tentunya akan tidak memuaskan.

Jika memang hasil pancingan masih dipengaruhi oleh faktor aura dan tehnik lalu kenapa seorang pemancing harus membuat umpan yang proses pembuatannya ribet dan biayanya mahal? Semua dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman/informasi mengenai pola makan ikan mas dan rasa kurang percaya diri terhadap umpan yang digunakan. Sebagai informasi ikan mas dibudidayakan dengan memberi pakan berupa pelet, jadi secara prinsip dengan menggunakan umpan pelet dan bilamana dilapak kita ada ikan lapar InsyaAllah umpan pelet murah sekalipun akan dimakan dengan lahap oleh ikan.

Coba kita sedikit berhitung, bilamana Anda setiap hari mancing gaplekan/galatama  dengan menggunakan kroto 1 ons maka biaya kroto dalam 1 bulan adalah sebesar Rp. 25.000,- X 30 = Rp. 750.000,-. Sebuah nilai yang cukup besar atau paling tidak bisa digunakan untuk membayar cicilan sepeda motor..!!! Dengan menggunakan kroto maka tanpa disadari kita telah menerapkan sebuah keputusan yang kurang bijaksana namun tetap dipaksakan untuk dilaksanakan walaupun pada kenyataan dilapangan sudah sering dialami bahwa penggunaan kroto tidak menjamin hasil pancingan  memuaskan…!!!

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi resep umpan ikan mas yang sederhana dengan mengunakan Pelet KINGKONG tanpa menggunakan kroto dan kerap saya gunakan untuk mancing diempang seputaran Ciputat dan Bintaro. Walau dengan umpan sederhana namun hasil pancingan saya tetap diperhitungkan oleh lawan tanding. Sebagai contoh ketika bermain di empang Gaplekan Abel – Mabad yg jatahnya 1 lapak 1 ekor ikan saya pernah juara Induk 1 dalam 2 sesi berturut-turut. Dilain kesempatan walau tidak berhasil juara tapi dalam 2 sesi berhasil mengkorangkan ikan sebanyak 13 ekor, tapi pernah pula dikesempatan lain dalam 2 sesi hanya berhasil menaikkan 1 ekor ikan rame. Intinya hasil pancingan saya masih bergantung pada aura/hoki yang tengah menaungi saya pada waktu itu. 

Berikut adalah resep yang kerap saya gunakan:

Resep #01
Bahan-bahan:
- 100gr (1/4 bungkus) pelet Kingkong PK#01
- ½ tutup botol essen PK#01
- Air biasa +/- 150ml

Cara membuat:
- Masukkan pelet kedalam plastik 1/2kg
- Tambahkan essen
- Tambahkan Air
- Ikat plastik dan bejek hingga kalis

Biaya yang dikeluarkan :
- 100gr PK#01 (Rp. 25.000,- / 4) = Rp. 6.250,-
- ½ tutup botol essen PK#01 = Rp. 0,-
- Jumlah pengeluaran Rp. 6.250,-

Note:
Resep ini lebih efektif digunakan pada empang yang cetek atau suhu airnya cenderung hangat.

Resep #02
Bahan-bahan:
- 100gr (1/4 bungkus) pelet Kingkong PK#02
- ½ tutup botol essen PK#02
- Air biasa +/- 150ml

Cara membuat:
- Masukkan pelet kedalam plastik 1/2kg
- Tambahkan essen
- Tambahkan Air
- Ikat plastik dan bejek hingga kalis

Biaya yang dikeluarkan :
- 100gr PK#02 (Rp. 25.000,- / 4) = Rp. 6.250,-
- ½ tutup botol essen PK#02 = Rp. 0,-
- Jumlah pengeluaran Rp. 6.250,-

Note:
Resep ini lebih efektif digunakan pada empang yang agak dalam atau suhu airnya cenderung dingin

Resep #03 – Umpan Kuning
Bahan-bahan:
- 3 SDM munjung PK#03
- 15 Tetes Essen PK#03
- 3 Tetes Essen Probait EO#08
- 1 butir Telor Ayam
- 150ml air
- ½ kaleng Deho Besar

Cara membuat:
- 3 SDM munjung PK#03 dimasukkan kedalam plastik 1kg
- Tambahkan 1 butir telor lalu bejek pelet dan telornya hingga tercampur rata.
- Tambahkan air lebih kurang 150ml dan bejek kembali hingga tercampur rata.
- Kukus sekurang-kurangnya selama 15 menit hinga matang dengan sempurna.
- Setelah dingin tambahkan deho dan essen dan bejek lagi hingga rata.

Biaya yang dikeluarkan :
- 3 SDM munjung PK#03 (Rp. 30.000,- / 6) = Rp. 5.000,-
- 15 tetes essen PK#03 = Rp. 0,-
- 3 Tetes Essen Probait EO#08 = Rp. 250
- 1 Butir Telor Ayam = 1.500,-
- 1/ kaleng Deho besar = Rp. 7.500,-
- Jumlah pengeluaran Rp. 14.250,-

Note:
- Resep ini bisa digunakan pada empang dengan suhu air normal, hangat dan dingin.
- Pencampuran PK+Telor+Air akan lebih sempurna bila menggunakan blender.
- Pencampuran antara hasil kukusan +deho+essen akan lebih sempurna bila dilakukan dalam baskom dengan menggunakan sendok/entong sebagai pengaduk.

Sobat mancing yang budiman. 

Resep yang saya bagikan disini adalah umpan alternatif yang murah meriah tapi tidak murahan. Anda bisa berkreasi pula dengan bahan murah lainnya, namun yang saya rasakan dengan menggunakan Pelet Kingkong proses pembuatan umpan mancing ikan mas menjadi murah dan lebih mudah serta tidak menyita waktu yang terlalu lama dan oleh karenanya bilamana Anda ingin merubah pola pikir Anda dalam hal pembuatan umpan mancing ikan mas maka saya persilahkan Anda untuk segera bergabung dihttps://www.facebook.com/groups/PROBAIT/
Percayalah bahwa hasil pancingan tidak ditentukan oleh mahal atau tidaknya biaya yang dikeluarkan bukan pula dengan keribetan proses pembuatan dan banyak macamnya bahan dasar yang digunakan untuk membuat sebuah umpan.

Salam Strike…!!!
Sumber : http://sonnyboedihardjo.blogspot.co.id/2015/01/umpan-ikan-mas-pelampungan-yang-jitu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar